Recents in Beach

Industri Musik Berubah, Cara Jaga Eksistensi NOAH


Industri musik terus mengalami perkembangan dan pergantian tren. Belum termasuk dengan munculnya teknologi yang menawarkan berbagai kemudahan bagi setiap musisi untuk menciptakan hingga mendistribusikan karya-karyanya.
Namun tidak bisa dipungkiri juga hadirnya teknologi dan arus tren musik yang terus berkembang juga memberi pengaruh terhadap gaya bermusik para pelakunya. Sebagai frontman salah satu band alternative rock terbesar Tanah Air, Ariel NOAH lantas memberikan komentarnya mengenai industri musik saat ini.
"(Industri musik sekarang) Kondisinya berubah. Budayanya berubah. Sekarang masuk era teknologi digital. Cara menyampaikan lagu kita pasti berubah, dan kita terus berinovasi. Mungkin kalo bisa kita bikin apps sendiri," ujar Ariel saat ditemui di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (24/10/2016).
Di sisi lain, Ariel juga melihat munculnya sejumlah kendala yang menjadi 'pekerjaan rumah', baik bagi para pelaku musik maupun industrinya sendiri. Ariel menilai kalau saat ini musisi pun tak bisa sekedar bergantung pada sektor penjualan saja, namun juga mencari alternatif lain untuk tetap mempertahankan eksistensi sekaligus mempertahankan industri musik itu sendiri.
"Industri musik lagi banyak kendala. Mereka nggak punya media berekspresi. Di TV juga jarang dapat tempat. Kita musisi cari cara. Bukan hanya untuk jualan, tapi bagaimana industri bisa bertahan. Teknologi harusnya bisa bermanfaat. Meskipun di masa perubahan ini kurang menguntungkan untuk musisi, dari analog ke digital," pungkasnya.

Posting Komentar

0 Komentar